SUBANG – Peran orang tua atau wali mahasiswa sebagai mitra dalam mendidik anak-anak sangatlah penting dan tidak dapat dipisahkan, baik dalam memberikan dukungan penuh kepada anak untuk menjalani perkuliahan, baik secara fisik, psikis, maupun materi. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko putus kuliah.

Pendampingan dan bimbingan yang diberikan orang tua selama proses pendidikan sangat diperlukan, termasuk dalam memotivasi anak agar mereka dapat meraih prestasi secara optimal, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Dalam konteks ini, dibutuhkan sinergi dan komunikasi yang baik antara lembaga pendidikan, dalam hal ini STIE Sutaatmadja (STIESA), dengan orang tua atau wali mahasiswa.

“Acara ini diselenggarakan agar kita bersama-sama bisa mengawal putra-putri kita untuk meniti karir hingga sukses nantinya, serta untuk meningkatkan hubungan baik antara STIESA dengan orang tua/wali mahasiswa. Di kesempatan ini pula, saya akan menyampaikan bagaimana membangun sumber daya manusia unggul bersama STIESA,” jelas Egi Milmayadi Thahir, S.P., M.M., selaku Pembantu Ketua 1 Bidang Akademik, di Ruang PQ Kampus STIESA pada Kamis, 6 Juni 2024.

Egi juga menambahkan bahwa mahasiswa STIESA diharapkan tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki kecerdasan spiritual melalui program Bimbingan Iman Mahasiswa (BIM).

Kampus STIESA menawarkan berbagai program yang dirancang untuk mendukung pengembangan akademik dan soft skill mahasiswa. Beberapa program unggulan di STIESA antara lain:

Program Center of Excellence (COE)
Program COE meliputi workshop, kunjungan industri, dan ujian kompetensi yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa secara praktis dan akademis. Di STIESA saat ini memiliki 9 buah CEO yang menginduk pada core program studi manajemen dan akuntansi.

Program C4 (Campus, Company, Country, Connection)
Program ini tidak hanya sekadar perjalanan studi ke luar neger, tetapi juga memiliki tujuan agar mahasiswa memiliki wawasan global yang luas dan memperkuat keterampilan softskill mereka.

Sambutan dari Ketua Program Studi Manajemen dan Akuntansi

Devy Widya Apriandi, S.E., MBA selaku ketua program studi (prodi) manajemen dalam sambutannya memaparkan tentang visi dan misi program studi manajemen, serta pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.

“Kami berharap lulusan STIESA mampu berkompeten dan dapat meningkatkan potensi wilayah mereka. Mahasiswa di program studi manajemen ini akan mempelajari mata kuliah yang relevan dengan topik-topik terkini, seperti Digital Business, e-commerce, dan social media marketing” ujarnya.

Sementara itu Asep Kurniawan, SE., MM. selaku Ketua Program Studi Akuntansi memaparkan terkait profil prodi Akuntansi serta berbagai prospek di bidang akuntansi, termasuk akuntansi keuangan dan pasar modal, akuntansi manajemen dan keperilakuan, akuntansi sektor publik dan perpajakan, audit dan etika profesi akuntan, serta sistem informasi dan akuntansi digital.

Ia juga menekankan bahwa “Meskipun proses akuntansi telah didigitalisasi, peran akuntan sebagai pengambil keputusan tidak akan tergantikan. Ini hanya berlaku jika kita masih berpikir dalam kerangka pembukuan tradisional. Namun, peran strategis akuntan dalam pengambilan keputusan tetap sangat diperlukan” ujarnya.

Asep juga memaparkan kiprah dosen dan mahasiswa akuntansi STIESA di berbagai kegiatan internasional, beberapa di antaranya termasuk berpartisipasi dalam konferensi di National University of Singapore (NUS) dan meraih predikat Best Paper di Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Penjelasan Teknis Adminsitrasi

Di sesi terakhir kegiatan tersebut, Euis Suhartini AMd, selaku Kepala Bagian Keuangan STIESA menjelaskan tentang prosedur pembayaran, waktu pembayaran, serta teknis pembayaran di STIESA, yang diharapkan dapat mempermudah orang tua dan mahasiswa dalam mengelola keuangan mereka.

Dengan adanya acara ini, diharapkan terjalin komunikasi yang lebih baik antara STIESA dengan orang tua atau wali mahasiswa sehingga dapat mendukung keberhasilan pendidikan mahasiswa dan mencetak lulusan yang unggul dan kompeten.