SUBANG – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kampus STIE Sutaatmadja, melalui Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKU) dan Himpunan Mahasiswa Manajemen STIESA (HIMASA), sukses menyelenggarakan acara bertajuk STIESA Creative Competition (SCC) pada Sabtu, 18 Mei 2024, di Graha Sofia Kampus STIESA. Acara ini dirancang khusus untuk siswa SMA dan SMK se-kabupaten Subang, dengan fokus pada bidang akuntansi dan bisnis.

Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMA/SMK

STIESA Creative Competition bertujuan untuk memberikan pelatihan dan kompetisi kepada siswa SMA dan SMK dalam bidang akuntansi dan manajemen bisnis. Pada pekan sebelumnya, peserta mendapatkan pelatihan akuntansi dan pelatihan Business Model Canvas, yang kemudian dilanjutkan dengan lomba yang menguji pemahaman mereka terhadap kedua materi tersebut. Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sebagai wadah pengembangan minat dan bakat siswa di bidang tersebut.

Faza Shidiq, Ketua HIMAKU, menjelaskan bahwa acara ini bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa di bidang akuntansi dan manajemen bisnis. “Saya berharap bahwa acara ini diadakan setiap tahun, agar bisa mewadahi siswa dalam mengembangkan minat dan bakat di bidang akuntansi dan manajemen bisnis,” ujarnya.

Pengembangan Soft Skill Mahasiswa

Selain bermanfaat bagi siswa SMA dan SMK, SCC juga menjadi ruang bagi mahasiswa yang terlibat dalam kepanitiaan untuk mengembangkan soft skill mereka. Tigin Lugiani, SE., MM., selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan STIESA, menyatakan bahwa kegiatan ini memungkinkan mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan di kampus dalam dunia nyata. “Kegiatan SCC ini juga merupakan sarana bagi mahasiswa yang terlibat dalam kepanitiaan untuk bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat di kampus agar dapat di aplikasikan di dunia nyata,” jelasnya.

Harapan Masa Depan

Dengan suksesnya penyelenggaraan STIESA Creative Competition, BEM Kampus STIE Sutaatmadja berharap dapat terus mengadakan acara serupa di masa mendatang. Melalui kegiatan seperti ini, STIESA berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan generasi muda yang kompeten dan siap menghadapi tantangan di bidang akuntansi dan bisnis.

STIESA Creative Competition menjadi bukti nyata bagaimana kolaborasi antara mahasiswa dan institusi pendidikan dapat menciptakan program yang bermanfaat bagi masyarakat luas, khususnya dalam mempersiapkan generasi muda yang melek akuntansi dan bisnis.