Pada hari Selasa, tanggal 21 November 2023, sekelompok mahasiswa dari program studi akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sutaatmadja berkunjung ke Kantor Kepala Desa Cisaga, Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Kunjungan ini memiliki tujuan utama untuk meneliti kegiatan dan bisnis yang dijalankan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Cisaga.

Dalam rangka penelitian mereka, mahasiswa tersebut melakukan wawancara dengan Pak Bayu, yang menjabat sebagai sekretaris BUMDes di Desa Cisaga. Pak Bayu terlibat langsung dalam mencatat aktivitas yang berkaitan dengan keuangan BUMDes Cisaga, bersama dengan Direktur dan Bendahara BUMDes.

BUMDes Cisaga ternyata menjalankan usaha budidaya ikan air tawar, seperti ikan nila atau emas, yang nantinya dijual kepada pemasok ikan di Jatiluhur. Pendapatan BUMDes ini diperoleh setiap kali panen, yang biasanya dilakukan dalam kurun waktu sekitar 100 hari. Usaha budidaya ikan air tawar ini tidak hanya memberikan keuntungan finansial bagi BUMDes Cisaga tetapi juga memberikan manfaat langsung kepada warga lokal desa melalui penciptaan lowongan pekerjaan.

Melalui kegiatan ini, BUMDes Cisaga bukan hanya menjadi lembaga ekonomi yang memberdayakan masyarakat lokal, tetapi juga menciptakan dampak positif dalam hal penciptaan lapangan kerja. Para warga desa dapat menikmati manfaat dari keberlanjutan usaha budidaya ikan air tawar yang dilakukan oleh BUMDes.

Selain itu, BUMDes Cisaga bersama seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di kantor desa tengah merencanakan usaha tambahan, yaitu menjadikan Cisaga sebagai Desa Wisata. Rencana ini menunjukkan upaya mereka untuk mengembangkan potensi pariwisata desa dan menciptakan sumber pendapatan baru.

Desa Wisata Cisaga dapat menjadi destinasi menarik bagi wisatawan yang mencari pengalaman kehidupan desa yang autentik dan keindahan alam yang masih alami. Melalui pengembangan sektor pariwisata, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan desa secara keseluruhan dan memberikan peluang ekonomi baru bagi warga lokal.

Kunjungan mahasiswa ini memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana BUMDes Cisaga berhasil mengelola sumber daya lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan usaha budidaya ikan air tawar dan rencana pengembangan Desa Wisata, Desa Cisaga menunjukkan komitmen untuk terus berkembang dan memberdayakan potensi ekonomi lokal.