Pada Selasa, tanggal 21 November 2023, pukul 10.10 WIB, sekelompok mahasiswa Akuntansi STIE Sutaatmadja dari kelompok 1 Assets, yang berjumlah 5 orang, melakukan kunjungan ke Kantor Perikanan yang terletak di Jl. A. Nanta Sukarya No. 28 Pasirkareumbi, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang optimalisasi pengelolaan keuangan pada BUMDes Sauyunan desa Cinangsi dalam konteks bisnis yang dikelolanya. Selain itu, mereka ingin mengetahui bagaimana BUMDes Cinangsi mengelola keuangan serta faktor-faktor utama yang mendukung perkembangan keuangan BUMDes tersebut.

Kunjungan ini dilakukan karena ketertarikan para mahasiswa terhadap pengelolaan keuangan yang berhasil dilakukan oleh BUMDes Cinangsi, yang telah mampu bertahan hingga saat ini. BUMDes ini berdiri sejak tahun 2017 dan tetap aktif sampai sekarang. Kegiatan kunjungan penelitian dimulai dengan penjelasan dari Bapak Budi Rakhman tentang cara BUMDes Cinangsi mengelola keuangan dan berbagai usaha yang dijalankannya.

BUMDes Cinangsi menjalankan beberapa jenis usaha, termasuk perdagangan, simpan pinjam, workshop, pemberdayaan masyarakat, dan bidang konstruksi. Bapak Rakhman menjelaskan bahwa untuk menjalankan bisnis secara profesional, BUMDes Cinangsi telah mendirikan perusahaan berbentuk PT/CV. Mereka menamai perusahaan tersebut PT ANUGRAH MANDIRI CINANGSI, yang fokus pada bidang konstruksi.

Beliau berharap agar BUMDes ini dapat menjadi salah satu lembaga ekonomi Indonesia yang mampu melakukan kegiatan usaha yang menghasilkan keuntungan serta memberikan pendapatan kepada pemerintah desa. Kunjungan ini memberikan wawasan yang berharga bagi mahasiswa dalam memahami praktek pengelolaan keuangan BUMDes yang sukses dan strategi bisnis yang diimplementasikan oleh BUMDes Cinangsi.