STIE Sutaatmadja Subang Lakukan Sidang Skripsi Komprehensif Secara Daring | STIESA

Tidak hanya melakukan pembelajaran jarak jauh, sejumlah kampus kini telah melakukan sidang skripsi secara daring (online) sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di satuan pendidikan.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sutaatmadja (STIESA) menjadi salah satu perguruan tinggi di Subang yang tidak hanya melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring, namun juga melakukan Sidang Skripsi Komprehensif menggunakan metode daring.

Sebenarnya ini adalah sidang skripsi komprehensif secara online kedua yang dilaksanakan oleh kampus STIESA Subang, karena pada pekan lalu hal yang sama juga telah dilakukan.

Perhari ini (Sabtu, 06/06) tercatat ada lima orang mahasiswa yang telah mengikuti Sidang Skripsi Komprehensif secara daring, dan jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan pelaksanaan sidang skripsi yang masih akan dilakukan hingga beberapa pekan kedepan.

Sidang skripsi komprehensif yang dijalani oleh lima orang mahasiswa itu dilakukan melalui aplikasi Google Meets, dimana setiap mahasiswa tersebut melakukan presentasinya kepada dosen penguji dan dosen pembimbing.

Dalam dua pekan terakhir ini, program studi (prodi) Akuntansi menjadi prodi pertama yang melakukan sidang skripsi komprehensif pada tahun ini, dan selanjutnya hingga beberapa pekan ke depan prodi Manajemen pun akan melakukan metode ujian serupa.

Kendati sidang skripsi komprehensif dilakukan secara daring, namun tata tertib dilakukan layaknya sidang konvensional, setiap mahasiswa peserta sidang skripsi diharuskan menggunakan pakaian wajib selama proses sidang skripsi berlangsung yakni jas hitam dan berdandan rapi.

Alasan menggunakan aplikasi Google Meets dikarenakan aplikasi tidak memberikan pembatasan waktu selama sesi ujian sidang berlangsung, berbeda dengan aplikasi Zoom yang saat ini membatasi sesi per-40 menit.

Sesi sidang skripsi ini dibagi menjadi tiga sesi yakni, pembukaan yang diikuti oleh semua dosen penguji dan dosen pembimbing serta semua mahasiswa yang menjalani ujian sidang skripsi pada hari itu, sesi kedua hanya diikuti oleh mahasiswa serta dosen yang bersangkutan dan sesi ketiga adalah pembacaan yudisium yang juga diikuti oleh semua dosen dan mahasiswa yang melakukan ujian sidang.

Sejak pekan kemarin hingga hari ini, semua peserta sidang skripsi komprehensif dinyatakan lulus dan selama pelaksanaan ujian sidang tersebut berlangsung tidak ditemukan adanya kendala yang signifikan karena kampus STIE Sutaatmadja Subang telah menggunakan infrastruktur yang sangat baik, termasuk penyediaan akses Internet cepat baik selama proses kegiatan belajar mengajar maupun untuk ujian sidang skripsi secara daring.[]