Mahasiswa Prodi Akuntansi STIESA Hadiri Free PPL IAI Jabar

Category: Berita Kampus Published: Friday, 30 November 2018 Written by Administrator

Empat orang mahasiswa Prodi Akuntansi yang menjadi anggota muda Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dengan bimbingan Dosen Audit STIESA, Ibu Icih, SE, M.Si., Ak., CA mengikuti free Pendidikan Profesional Berkelanjutan (PPL) yang diselenggarakan oleh IAI di Universitas Kristen Maranatha pada hari Sabtu, 23 November 2018 lalu.



Tema yang diangkat dalam acara Free PPL ini adalah "Perubahan Landscape Pajak Global dan Audit: Implikasinya terhadap Profesi dan Pendidikan di Indonesia", acara ini dihadiri oleh 527 peserta dari berbagai Sekolah Tinggi dan Universitas di Jawa Barat.

Disela-sela acara tersebut, Ketua IAI Wilayah Jawa Barat, Edi Jaenudin, SE, M.Si., Ak., CA, mengatakan bahwa kegiatan Free PPL yang diselenggarakan ini adalah merupakan salah satu upaya untuk menjaga kompetensi para akuntan yang harus diikuti secara rutin sehingga para akuntan dapat terjaga profesionalisme kinerjanya.

"Saya menganggap bahwa kegiatan ini perlu dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme para akuntan, baik dengan seminar, workshop, bahkan PPL" ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Kristen Maranatha, Prof. Ir. Armein Z. R. Langi, M.Sc., Ph. D, juga menyapaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatan profesionalisme dalam internal IAI yang beperan penting dalam kehidupan bangsa Indonesia.

"Finance adalah agent perubahan yang mesinnya akan bekerja dengan sangat berat, sehingga negara membutuhkan kemampuan finansial secara adil, maka pembenahan sistem akuntansi adalah solusinya", tuturnya

Dosen Audit STIESA, Ibu Icih mengatakan bahwa meski dirinya tinggal di daerah, namun bukan berarti terisolasi dari perkembangan akuntansi, maka ia menghimbau agar mahasiswanya untuk terus meng-update link IAI agar dapat membuka wawasa guna mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi.

"Kita itu ada di daerah tapi jangan sampai nggak updated dalam perkembangan akuntansi, makanya ikut PPL", ucapnya.

"Selain itu juga membuka link dengan yang lain sehingga bisa muncul ide-ide baru yang nantinya dapat diterapkan di STIESA khususnya dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi", sambungnya.

Mahasiswi STIESA, Fatimah, mengungkapkan bahwa mata kuliah yang selama ini diikutinya dengan praktik ternyata linear dengan apa yang ada di lingkungan nyata yang sesungguhnya.

"Ternyata yang selama ini di pelajari selama kuliah itu emang sama kayak di dunia kerja" ujar Fatimah. Ia pun mengapresiasi acara ini karena meng-update informasi terbaru terkait PSAK yang terkait dengan agrikultur, bagaimana sistem pengukuran, pengungkapan, bahkan perhitungan pajaknya. []

Hits: 301