Incubator Business

Category: Incubator Business Published: Wednesday, 21 May 2014 Written by Administrator

Gambaran Umum

Dilihat dari trend yang berlangsung sekitar 3 tahun ke belakang, semakin banyak jumlah wirausahawan/wati di Indonesia. Kemajuan tehnologi (terutama internet), bertumbuh kembangnya golongan menengah di kota serta banyaknya ulasan tentang pebisnis muda di media baik online maupun offline merupakan beberapa faktor yang mendorong ‘ledakan’ gelombang pengusaha ini. Secara menggembirakan, usia pebisnis ini juga beralih dari golongan tua menjadi golongan muda (20 – 30 tahun).

STIESA, sebagai salah satu kampus dengan fokus ekonomi dan bisnis di Subang, juga tidak mau ketinggalan dalam merespon trend ini. Dengan kesadaran bahwa setiap mahasiswa harus mempunyai nilai lebih (added value) dalam dirinya, maka STIESA mengelompokkan mahasiswanya ke beberapa COE (Center of Excellence/Pusat Keunggulan). Dengan adanya COE ini, diharapkan mahasiswa yang tergabung di dalamnya akan mempunyai kelebihan pengetahuan (knowledge), keahlian (skill) dan juga sikap (attitude) di bidang yang dipilihnya tadi.

COE Inkubator Bisnis dan Ekonomi Kreatif (IBEK) merupakan salah satu dari sekian banyak COE yang ada di STIESA. Sesuai dengan namanya, COE ini berfokus pada pengembangan bisnis awal (startup) dari mahasiswa dan juga usaha-usaha yang bergerak di sektor ekonomi kreatif.

Program COE IBEK

1.      Menyiapkan sumberdaya untuk pengembangan potensi wilayah di bidang kewirausahaan, manajemen UKM (Usaha Kecil dan Menengah) serta ekonomikreatif.

2.      Mengadakan penelitian dan publikasi ilmiah di bidang kewirausahaan, manajemen UKM serta ekonomi kreatif. 

3.      Mengadakan pelatihan dan pengabdian kepada mahasiswa dan masyarakat dibidang kewirausahaan, manajemen UKM serta ekonomi kreatif. 

IBEK ENTEPRENEURS TOUR

Selain mendorong mereka untuk mempunyai usaha yang nyata, kami juga bermaksud untuk menginspirasi mereka dengan membuat sebuah study tour ke Jakarta dan Bandung. Program ini disebut Company and Campus Visit karena memang kami ingin mempertemukan mereka dengan berbagai pihak yang dapat menginspirasi, menambah motivasi dan memperkuat jejaring (networking) di antara pebisnis muda.

 

Hits: 1230