• Download materi Kuliah Perdana, Pelantikan Mahasiswa Baru TA 2017/2018

Ingin Sukses?, Lakukan 3 Hal Ini Dari Sekarang



Apa yang merubah manusia dalam lima tahun ke depan? Itulah pertanyaan yang dilontarkan oleh Bramantya Djaafara dari ActionCOACH Jakarta saat mengisi sesi coaching pada acara Workshop Business Plan from Bekraf for Next Generation yang diadakan oleh GEPI dan BEKRAF pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016 lalu di Bogor.

Dari pemaparan yang disampaikan oleh Mas Bram (begitu panggilan akrabnya), ada tiga hal yang bisa merubah manusia dalam lima tahun kedepan, diantaranya adalah; Dengan siapa anda bergaul?, Buku Apa yang anda baca? dan Action!.

* Dengan Siapa Anda Bergaul? Adalah salah satu hal yang membuat bagaimana anda bisa berubah di masa depan, jika anda bergaul dengan orang baik maka anda akan ikut baik dan begitu sebaliknya, sehingga kualitas teman-teman anda akan sangat mempengaruhi kualitas diri anda dimasa depan.

Kita dianjurkan untuk menjalin hubungan dan relasi yang baik dengan orang-orang yang tepat. Ada sebuah pepatah yang mengatakan: ”seseorang yang bergaul dengan penjual minyak wangi pasti akan ikut wangi, sedangkan bergaul dengan pandai besi maka dirinya akan memiliki keahlian yang sama dengan mereka”.

Karena itulah, kita harus pandai-pandai memilih orang yang tepat dalam menjalin hubungan dan relasi. Salah bergaul atau salah memilih teman akan berpengaruh kepada diri kita di masa depan. Karena itu, pilihlah orang yang tepat untuk membangun hubungan yang tepat sehingga membentuk kepribadian yang terbaik.

* Buku apa yang anda baca?, tidak ada orang yang sukses dengan instan, semua pengetahuan yang mereka dapat telah diperolehnya melalui membaca, perbanyaklah membaca buku yang bermanfaat yang bisa meng-upgrade diri anda sehingga anda bisa menjadi orang yang istimewa di masa depan.

Apa yang kita baca saat ini, merupakan manifestasi dan investasi besar dalam hidup. Buku bacaan itu nantinya akan sangat mempengaruhi output yang dikeluarkan dari dalam pikiran kita,

Maka dari itu, tidak heran jika para pemimpin besar di dunia adalah orang yang haus akan buku bacaan. Mereka melahap habis semua buku-buku dengan berbagai jenis keilmuan. Mereka mampu berfikir besar dan meluas karena banyak buku yang mereka baca.

* Action!, tidaklah berarti apa-apa untuk semua hal diatas jika anda tidak melakukan action atau bertindak. Mengapa kita harus memiliki keberanian untuk bertindak dan ia begitu penting? Karena tanpa keberanian bertindak maka tidak ada action. Tanpa action, tidak ada langkah awal. Tanpa langkah awal, maka tidak ada pula langkah menuju titik akhir. so, bertindaklah dan berikan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain karena sebaik-baiknya manusia adalah dia yang bermanfaat bagi orang lain. (Q)

Dirangkum dari sesi coaching saat acara Workshop Business Plan from Bekraf for Next Generation yang diadakan oleh GEPI dan BEKRAF pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016 lalu di Bogor. Sumber gambar: PicJumbo