BEM STIESA, Ajak Siswa/i SD Budayakan Gemar Membaca

“Buku adalah jendela dunia!!” telah menjadi kata pembuka yang diucapkan oleh Bapak H. Hilmi selaku Sekertaris Desa Mekarwangi, saat mengawali sambutannya pada acara Gemar Membaca. Beliau menuturkan bahwa “Membaca itu dapat meningkatkan dan memperkaya khazanah ilmu serta dapat menghantarkan kita menjadi manusia yang semakin cerdas, maka dari itu semua siswa-siswi yang ada disini harus gemar membaca dan menjadikan membaca itu sebagai kebiasaan dan dijadikan budaya”.



Dalam rangka menularkan kebiasaan gemar membaca tersebut, maka dari itu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIESA menyelenggarakan satu kegiatan dengan menghadirkan layanan Mobile Library yang di gagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan kini menjadi salah satu fasilitas yang dimiliki oleh Perpustakaan Daerah Kabupaten Subang.

Mala Ayu Anggita (Mahasiswi semester 6 Jurusan Akuntansi) beserta rekannya Dian Hadianova (Mahasiswa semester 4 jurusan Manajemen) telah bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Subang untuk mengajak para siswa Sekolah Dasar agar gemar membaca. Layanan Mobile Library atau perpustakaan keliling ini merupakan bagian dari perpustakaan umum yang mendatangi para pembacanya dengan menggunakan kendaraan, secara umum perpustakaan keliling atau Mobile Library ini berfungsi layaknya perpustakaan umum yang melayani masyarakat.

Kegiatan gerakan Gemar Membaca dengan melibatkan layanan Mobile Library ini merupakan bentuk pengabdian BEM STIESA kepada masyarakat dengan mengajak siswa Sekolah Dasar untuk membiasakan dan menumbuhkan budaya membaca sejak dini.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Senin, 12 Maret 2018 ini bertempat di dua sekolah yang berada di Desa Mekarwangi, Subang tepatnya di SDN Cikondang dan SDN Purnama Alam. Kegiatan yang melibatkan siswa dari kelas 3 hingga kelas 6 ini diikuti oleh kurang lebih 200 orang.

Acara yang berlangsung sejak pukul 10.00 ini disambut gembira oleh seluruh siswa, dan untuk menambah semangat siswa-siswi sekolah dasar tersebut, dihadirkan pula beberapa games/quiz untuk merangsang daya tarik mereka sekaligus mengukur sejauh mana mereka bisa menyerap informasi dan wawasan dari buku yang telah mereka baca.

Tidak lupa pihak BEM STIESA juga memberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi kepada para siswa yang telah menjawab beberapa pertanyaan dan berani untuk menceritakan kembali di depan teman-temannya mengenai isi buku yang telah mereka baca tadi.

Oleh: Farida Rika Arini