• Download materi Kuliah Perdana, Pelantikan Mahasiswa Baru TA 2017/2018

Mahasiswa STIESA Ikuti Lomba Festival Pajak Nasional 2017

Rabu, 27 September 2017 yang lalu beberapa Mahasiswa perwakilan dari kampus STIE Sutaatmadja telah menjadi peserta Festival Perpajakan yang digelar oleh Universitas Bunda Mulia (UBM) Jakarta yang bekerjasama dengan Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak (KANWIL DJP) Jakarta Utara, acara itu sendiri tahun ini memiliki tema Peranan Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kesadaran Pajak Masyarakat.

Dengan mengusung tema di atas, perhelatan ini telah menggelar lomba dan seminar dimana kampus STIE Sutaatmadja telah mengirimkan 2 tim untuk mengikuti lomba pada festival tersebut. 

Tim 1 STIESA (Imas Sopiah, Ari Yulianti & Fajar Meiyanti)

Tim 2 STIESA (Ardela Soerhatinah Gunawan, Tiara Asmarany, Diwanti Oktarina)

Tim pertama terdiri dari Ari Yulianti, Fajar Meiyanti dan Imas Sopiah dengan nomor registrasi 1062 sedangkan tim kedua memiliki anggota Ardela Soehartinah Gunawan, Diwanti Oktarina dan Tiara Asmarany dengan nomor registrasi 1063. Anggota dari kedua tim tersebut merupakan mahasiswa aktif pada Program Studi Akuntansi semester 5 dan 7 di STIE Sutaatmadja Subang. 

Di bawah bimbingan Ibu Asri Suangga SE., M.Si rombongan tim dari STIE Sutaamadja mulai bertolak dari Subang menuju Jakarta pada pukul 03.30 dini hari dan telah sampai di tujuan (Jl. Lodan Raya No. 2 Ancol, Jakarta Utara) pada pukul 06.45. 

Festival Pajak itu sendiri diikuti oleh 64 tim dari sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta yang tersebar di empat Provinsi, yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur. 

 

 

 

 

 

 

 

Berikut adalah ulasan singkat setiap sesi pada acara Festival Pajak tersebut: 

Babak I (Tes Tulis) – Tes tulis diikuti oleh 64 tim yang terdaftar dalam festival pajak 2017. Tes tulis terdiri dari 50 soal dalam bidang perpajakan yang harus diselesaikan dalam waktu 50 menit. Dari tes tulis tersebut akan diambil 20 tim dengan nilai tertinggi yang akan maju ke babak semifinal (Cerdas Cermat).

Seminar Pajak – Seminar pajak adalah pemaparan materi mengenai pentingnya kesadaran akan pajak yang dibawakan oleh tim Kanwil DJP Jakarta Utara yang diwakili oleh Bapak Cahyonandi Wardhono, S.H., M.M., sebagai moderator, dan Bapak Max Darmawan, M. Tax., selaku narasumber. Seminar tersebut diikuti olehihadiri oleh ± 700 (tujuh ratus) peserta dari kalangan Mahasiswa, Akademisi, dan Praktisi.

Babak II (Cerdas Cermat) – Setelah seminar panitia mengumumkan 20 tim dengan nilai tertinggi yang berhak maju ke babak semifinal. Salah satu tim dari STIE Sutaatmadja lolos ke tahap semi final. Tim tersebut adalah tim pertama yang terdiri dari Ari Yulianti, Fajar Meiyanti dan Imas Sofiah. Berikut ini merupakan nama-nama tim yang lolos dalam tes tulis dan mengikuti lomba cerdas cermat: 

# Batch 1 terdiri atas STIE Sutaadmadja (1062), Universitas Trisakti (1015), Universitas Trisakti D3 Perpajakan (1050), Binus University (1024), dan Universitas Swadaya Gunung Jati (1017).

# Batch 2 terdiri atas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (1062), Politeknik Keuangan Negara STAN (1015), Universitas Bunda Mulia (1050), Politeknik Keuangan Negara STAN (1024), dan Universitas Trisakti (1017).

# Batch 3 terdiri atas Universitas Multimedia Nusantara (1051), Universitas Bunda Mulia (1002), Universitas Swadaya Gunung Jati (1019), Universitas Indonesia (1011), dan Universitas Esa Unggul (1055).

# Batch 4 terdiri atas Universitas Swadaya Gunung Jati (1018), Universitas Widyatama (1053), Akademi Akuntansi Bina Insani (1005), Politeknik Keuangan Negara STAN (1023), dan Politeknik Negeri Jakarta (1030).

Adapun empat tim yang lolos dari babak cerdas cermat adalah Binus University, Universitas Bunda Mulia, Universitas Indonesia dan Politeknik Keuangan Negara STAN.

Babak III (Orasi) – Sebagai syarat saat registrasi awal, semua tim diwajibkan untuk mengirim naskah orasi mengenai Peranan Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kesadaran Pajak Masyarakat. Naskah orasi tersebut selanjutnya akan dipresentasikan jika tim lolos dari babak I dan II. Setelah ketiga rangkaian acara selesai, acara berikutnya adalah pengumuman juara dan pembagian hadiah. Disamping juara lomba pajak, panitia juga mengumumkan 5 tim peraih naskah esai terbaik. Selanjutnya STIE Sutaatmadja tim dua atas nama Ardela Soehartinah Gunawan, Diwanti Oktarina dan Tiara Asmarany berhasil menjadi salah satu tim peraih naskah orasi terbaik dalam festival pajak.

Demikian rangkuman dari acara Festival Pajak Nasional 2017, dan STIE Sutaatmadja berhasil menjadi tim dengan skor tertinggi serta menjadi peraih naskah orasi terbaik.

Di masa yang akan datang, semoga STIE Sutaatmadja dapat kembali ikut berpartisipasi dalam lomba-lomba serupa dan dapat berkontribusi pada kegiatan Perpajakan yang ada. Dan yang  tidak kalah penting, nantinya Mahasiswa STIESA bisa menjadi wajib pajak yang patuh di masa depan. Amin ya rabbal'alamin

Pajak
Foto Panitia dan Seluruh Peserta Festival Pajak 2017

Sumber Foto: http://www.ubm.ac.id/ak/festival-pajak-2017-27092017/