• Download materi Kuliah Perdana, Pelantikan Mahasiswa Baru TA 2017/2018

Perpajakan untuk Pelaku UMKM di SUBANG bersama KPP PRATAMA SUBANG

Implementasi PP N0.46 tahun 2013

Pada hari rabu tanggal 24 Mei 2017 STARTAX (Study And Research about TAX )  yang  merupakan salah satu program unggulan dari  COE (Center  Of  Excellent)  di STIESA melakukan Workshopnya yang kedua. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari workshop sebelumnya. Berdasarkan  agenda yang telah dibuat pelaksanaan workshop yang kedua diselenggarakan di kampus STIESA dengan peserta sebanyak 15 orang mahasiswa yang tergabung dalam COE STARTAX. Sesuai dengan tujuan dari COE STARTAX, Bapak Asep Kurniawan SE.MM mengungkapkan, “Para peserta  diharapkan mampu mempunyai pemahaman_tentang_perpajakan_dengan_memahami_sistem_perpajakan,permasalahan, gambaran nyata dan diharapkan mampu untuk melakukan penelitian dengan kemampuan studi riset yang baik”.

Workshop yang kedua bertujuan untuk mengetahui potensi dan perkembangan perpajakan UMKM sebagai akibat ditetapkannya PP No. 46 tahun 2013 yang mengatur tentang Pajak  Penghasilan Atas Penghasilan dari usaha yang diterima atau diperoleh wajib pajak yang memiliki peredaran bruto tertentu. Peraturan Pemerintah ini menjadi dasar penelitian riset yang akan dilakukan oleh para peserta. Oleh karena itu workshop kedua mengundang narasumber atau pemateri dari otoritas pemungut pajak  Direktorat  Jendral  Pajak  Kanwil Jabar II KPP Pratama Subang oleh bapak  Hilarius  Anom  dan Samsul Hudha.

Judul materi dalam kegiatan workshop adalah  “Negara Tumbuh Bersama UMKM”.  Pemateri pertama disampaikan oleh pak Anom mengenai penjelasan tentang UMKM menurut PP NO. 20 tahun 2008 yang isinya UMKM terbagi menjadi tiga golongan mikro,kecil,dan_menengah. UMKM merupakan bidang usaha yang sangat banyak di Indonesia, hal ini yang mendorong  pemerintah mencari solusi agar pelaku UMKM  membayar pajaknya dan memberi pendapatan kepada negara. Kemudahan yang diberikan oleh pemerintah kepada pelaku UMKM adalah_memberikan_kemudahan pembayaran,penyetoran,dan  kesederhanaan perhitungan  yang kemudian menjadi latar belakang terbentuknya PP No.46 tahun 2013 yang mengatur sistem perpajakan UMKM.



Pemahaman isi dari PP No.46 tahun 2013 dijelaskan oleh pemateri kedua bapak Samsul yang menjelaskan pasal-pasal yang tercantum dalam  Peraturan Pemerintah, dan terdapat 11 pasal yang mengatur perpajakan UMKM di Indonesia. Salah satu isi dari pasal-pasal tersebut adalah wajib pajak orang pribadi atau wajib pajak badan  yang menerima penghasilan dari hasil usaha dengan peredaran bruto (omset) tidak melebihi Rp.4,8 milyar dalam satu tahun pajak dikenakan Pajak Penghasilan yang bersifat final dengan tarif 1%.

Lalu pertanyaan yang muncul adalah Berapa jumlah UMKM di Subang dan Apakah UMKM di Subang sudah patuh membayar pajaknya ?. Jawabannya sangat mengagumkan yaitu sebanyak 22.000 (dua puluh dua ribu) UMKM  yang terdaftar di DINAS KUMKM menurut data yang diambil oleh pemateri per Mei 2017  . Ironisnya fakta ini tidak sesuai untuk vmenjawab  pertanyaan kedua karena dari 22.000 UMKM hanya 2.136 atau  kurang dari 10% yang melakukan pembayaran pajak menggunakan PP No.46 tahun 2013.

Langkah KPP Pratama Subang untuk meningkatkan penerimaan pajak adalah dengan melakukan upaya Ekstensifikasi menambah wajib pajak baru dan Intensifikasi cara untuk menjelaskan kepada WP UMKM dengan mengirimkan SP2DK,Surat Tagihan Pajak  (STP),Pemeriksaan,dan penagihan.  Salah satu kegiatan yang dilakukan KPP untuk UMKM adalah  BUSSINES DEVELOPMENT SERVICE  yang membina usaha UMKM menjadi lebih sukses.
Sesi terakhir dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab, para mahasiswa sangat antusias dalam sesi ini. Banyak hal dan topik yang dipertanyakan oleh mahasiswa seperti permasalahan terkait PP NO.46 tahun 2013,Tingkat dan ukuran kepatuhan,cara agar wp UMKM sadar membayar pajak dan sistem pembayaran PP NO.46 2013,dan semua pertanyaan di jawab sangat jelas oleh pemateri.

Di akhir acara pemateri dari KPP mengucapkan banyak terima kasih dan mengundang mahasiwa yang tergabung dalam STARTAX untuk ikut magang di KPP Pratama Subang agar mahasiswa mengerti gambaran nyata bukan hanya teori yang didapat tentang PP N0.46 tahun 2013 dan berharap mahasiswa mampu untuk membantu menyadarkan pelaku UMKM yang belum patuh membayar pajak  di lingkungannya. Terima kasih

(Hilman Firdaus/03111150046)